Pada hari Kamis 10 November 2011,MICROFIN di wakili oleh Bapak A.Basyumi berdiskusi dengan peneliti,dan pengajar dari Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Topik yang di bahas adalah KENDALA KJKS/UJKS/BMT dan ALTERNATIF SOLUSINYA. Pak Basyumi sedikit bercerita tentang lingkup kerja dari MICROFIN. Kendala-KJKS/UJKS/BMT memiliki 2 Kendala yaitu Kendala Fundamental dan Kendala Operasional.

Kendala Fundamental yang dihadapi adalah Badan Hukum(Legalitas),Orientasi Pendirian,dan Pemahaman. Sedangkan Kendala Operasional yang di hadapai adalah Pemahaman, Kegagalan Ideologis Syariah,Persaingan,Penjaminan,Managemen. Bapak Basyumi memiliki Alternatif solusi antara lain Regulasi yang bisa mengakomodasikan berbagai kepentingan, Perhatian terhadap peningkatan Kapasitas SDM, Penerapan SOM-SOP,Sosialisasi sistem ekonomi syariah dengan melibatkan pihak-pihak terkait.
Ada tanya jawab yang terjadi dalam diskusi ini. Diantaranya apakah Kendala-kendala BMT yang selama ini dihadapi bisakah BMT menjadi lebih maju?